Jumat, 27 Juli 2012

MENCETAK AYAM PETARUNG UNGGUL - Jogja Cress Breeding -


MENYIAPKAN AYAM PETARUNG HANDAL

Ayam Import BK untuk saat ini masih menjadi andalan untuk Indukan ayam petarung dari jaman dulu hingga sekarang, akan tetapi saat ini pintar pintarnya kita mengolah dari Ayam Bangkok untuk di jadikan ayam yang siap di jadikan sebagai Bahan utama untuk menciptakan Generasi yang lebih kuat, salah satu contoh koleksi saya saat ini ada 2 indukan :

 1. INDUKAN JANTAN BK VS BIRMA


Indukan ini merupakan hasil kawin silang antara Bangkok dgn Birma dengan warna kuning ukuran 8, yang sudah menunjukakan hasil yang sangat memuaskan di Gelanggang, pada saat di kediri sudah 5 x win di gelanggang. Stelah itu di ungsikan di Jogja pada tahun 2010, di Gelanggang TEGALWERU KLATEN JATENG sudah 6 x win pada saat itu, Saat ini hanya di peruntukan Khusus Indukan dan hasilnya sudah beberapa ekor yang mewarisi Indukan,Induk jantan ini sekarang sudah berumur sekitar 4 th dan masih gesit dan melihat kondisi saat ini tidak lagi untuk di tarungkan di gelanggang karena fisik yang tidak memungkinkan. Dengan Kawin silang Bangkok dengan Birma merupakan kreasi dari saya sendiri untuk mengembangkan genetika yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan dengan perkembangan AYAM PETARUNG di tahun 2012, Kami percaya hal ini dapat menginspirasi temen teman untuk dapat mengembangkan Ayam kesayangannya.


  2. INDUKAN BANGKOK IMPORT
Indukan ini sangat beda dengan indukan diatas, ayam Wido ukuran 8.5, ayam yang mempunyai pukulan yang sangat mematiikan dengan taji sangat kuat, terbukti di gelanggang sudah 3 x win dengan musuh TKO kena pukulan taji yang sangat kuat, saat ini Indukan ini kami kawinkan dengan Betina keturunan Birma dengan gaya tarung yang berbeda.
Hasil peranakan yang tidak terduga kawin silang anatara Bangkok dengan Birma, jenis yang sangat berbeda karakter membuat hasil yang sangat memuaskan, hal ini terinspirasi saya dengan hal hal yang ingin coba coba dalam mengkawin silangkan INDUKAN YANG BERBEDA KARAKTER. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengetahui hasil peranakan dari hasil kawin silang ini, sehingga sebelum mengetahui hasilnya, kami tidak berani untuk mempasarankan di luar. Setelah kami tau hasilnya, baru berani untuk memasarkan di luar Jogja, dan hasilnya pun rata rata tdk ada yang mengeluh dengan hasil peranakanya.....
katuranggan ayam aduan 
Ayam petarung yang lebih kita kenal adalah ayam bangkok, banyak orang beranggapan dengan mengenali ciri fisik/katuranggan ayam, sudah mewakili atau gambaran tentang ayam tersebut dengan karakter yang di senangi, adapaun istilah istilah dalam ayam petarung yang di sebut KATURANGGAN sebagai berikut :

  1. 1NAGA TUMURUN : ciri garis sisik kaki belakang menghadap kebawah, keistimewaan ini ayam mempunyai karakter pukulan yang kuat dan pantang menyerah.
  1. 2SURO KOPYOR : Apabila ayam diangkat, akan mengeluarkan bunyi seperti air di tubuh ayam.
  1. 3BATU RAMBAT/RANTE : di telapak jari ayam terdapat sisik dari ujung sampai ke pangkal, ayam ini pukulanya sangat kuat dan menyakitkan.
  1. 4BATU LAPAK: ditengah telapak kaki ayam terdapat sisik ayam.
  1. 5SURO PENGANTEN : Ayam mempunyai bulu ekor yang tengah panjang panjang tegak lurus, tdk sejajar dengan bulu ekor lainya.
  1. 6UBET/BEBED : Sisak kaki ayam yang tidak beraturan, ayam ini terkenal ubet dlm bertarung, main full rapat dan pukulan yang luar biasa.
  1. 7SURO KINATAN : Ayam ini memiliki jari tengah padadaan kanan ada sisik pecah walaupun tidak semua, tetapi kadang ada beberapa yang memiliki keistimewaan yang luiar biasa dlm pukulanya
  1. 1     Ayam Kinantan Putih: Bila ayam ber'ules putih bersih (tembus paruh, mata, kaki) kelebihan Ayam Kinantan Putih : membawa keberuntungan dalam perniagaan, sebagai ayam tolak bala penyakit, ataupun juga guna-guna dari ilmu hitam.
  1. 2.      Gagak Limang : Bila ayam ber'ules jragem (bulu warna hitam kilap) dengan bulu sayap tumbuh dobel sedangkan pada bentuk sayapnya menyilang menyerupai gunting. Kelebihan Ayam Gagak Limang : Ayam menangan.
  1. 3.      Geger Karang : Apabila bagian sayap ayam paling ujung terdapat 1 bulu warna putih. Kelebihan Ayam Geger Karang : Ayam ulet dan tidak mudah menyerah.
  1. 4.    Songgo Bumi : Apabila posisi tidur ayam lehernya diselonjorkan lurus kedepan menyentuh tanah. Kelebihan Ayam Songgo Bumi : Ayam mempunyai pola tarung mengunci lawan, tahan pukul, dan mental tarung yang bagus.
  1. 5.      Pancuran Emas : Apabila ayam memiliki sisik kaki pada bagian kanan maupun kiri tersusun rapi. Kelebihan Ayam Pancuran Emas : Terhindar dari sial. Gembolo Geni : Apabila jalu pada kaki ayam kanan kiri tumbuhnya satu saja dan ber'ules kelabu kemerahan dengan sisik kaki warna putih.
  1. 6.      Bima Kurda : Apabila pada bagiandada tumbuh bulu-bulu lebar. Kelebihan Bima Kurda : mempunyai wibawa yang bagus dan menangan.
  1. 7.      Kadal Meteng : Bila kedua jari tengah ayam terlihat seperti bengkak (bukan bubulan).
  1. 8.  Tunggak Alingan : Bila ayam jalannya jinjit jari belakang tidak menyentuh tanah saat jalan. Basunanda : Apabila ayam memiliki kaki berwarna kelabu kehitaman.
  1. 9.      Begananda : Bila ayam memiliki kaki berwarna kuning kemerahan.
  1. 1    Mas Tinuruh : Bila ayam memiliki bulu warna putih kehijauan dengan kaki berwarna kuning.
  1. Mas Sinagling : Bila ayam memilikibulu warna putih kehijauan dengan kaki berwarna kuning mencolok.
  1. 1   Kopek & Kopyor : Kopek adalah ayam yang pukulannya membutakan mata lawan, sedangkan Kopyor adalah ayam yang penampilannya membuat musuh gemetaran.

CIRI-CIRI AYAM SURO / AYAM YANG MEMPUNYAI DAYA MISTIK Ayam suro merupakan ayam yang memiliki daya mistik dan mempunyai ciri-ciri yang tidak semestinya ada pada ayam lain secara umum. konon ayam suro memiliki kekuatan mistik dan derajat yang lebih tinggi dibanding ayam lainnya sehinggaayam suro hanya bisa dilawan dengan ayam suro lainnya. karena bila ayam suro dilawan dengan ayam yang tidak memilikiunsur ciri ayam suro maka kononayam lawan akan kalah tanpa sebab yang tidak jelas. Ciri-ciri ayam suro yang dimaksuddiatas adalah sebagai berikut: Suro Cepaka : Apabila ayam ber'Ules Wido cepaka (bulu ayam yang berwarna putih kehijauan), Buntut mubal (ekor ayam yang terdiri atas warna hitam & putih),jalu cantel (jalu yang bentuknya melengkung keatas), jengger tigan (jengger yang berbelah 3). Suro Ireng : Apabila ayam berwarna hitam, rawis & wiring merah hati (ules Galih), dengan mata hitam, jengger tigan (jengger berbelah 3), jalu panjangtapi tidak tajam dan kakinya berwarna hitam. Suro Bungkus : Apabila ayam ber'Ules blorok, berkaki hitam, berjalu bungkus. Suro Watu: Apabila dibawah jalu ayam terdapat benjolan seperti batu. Suro Kopyor : Bila saat ayam dipegang lalu di goyang maka akan terdengar seperti ada air ditubuh ayam. Suro Pengantin : Bila terdapat 2 bulu pada bagian ekor yang menjulang lebih panjang dari bululainnya Suro Dukun : Bila terdapat 1 bulu pada bagian ekor yang menjulang lebih panjang dari bululainnya Suro Petir : Bila sisik pada jari tengah ayam pecah terbagi 2 Suro Rembes : Bila mata ayam terlihat seperti ayam sedang sedih/menangis Suro Teleh : Bila ayam memiliki dua teleh Suro Tanjung Karang : Bila ayam memiliki jalu susun

CONTAK PERSON
Untuk Informasi dan kontak person bisa dapat menghubungi Kami di:
Nomer GSM : XL 087843142722. Pin BB 29616794
Alamat Kami di :
YOGYAKARTA
sibetet.ayamunggul@gmail.com
Alamat Yutube kami: KELIK47   atau   KELIK PURNAMA

1 komentar:

  1. saya mempunyai ayam bangkok masih umur 3 atau 4 bulan dijari kaki belakangnya ada sisik terbelah,pas ditengah-tengahnya itu menandakan ciri ayam apa ya kalau boleh tau,karena sisik depannya seperti sisik belimbing.trimakasih

    BalasHapus