Minggu, 04 Maret 2012

Ciri ciri Ayam Import.

CIRI CIRI AYAM BIRMA

Aku Suka Gaya Tarung Burma, untuk kelas 2,8 kg ke bawah aku pikir burma punya kelas yang tidak boleh di lihat sebelah mata, cara ayam tersebut memukul, menghindar dan intensitas pukulan yang bisa di bilang luar biasa. Namun sangat di sayangkan untuk ukuran yang melebihi 2.8 kg, ayam burma bisa dibilang belum mempunyai nama kecuali ada beberapa ayam yang sudah cross breeding sehingga mempunyai bentuk tubuh seperti ayam Thai, teknik tarung juga seperti Thai, daya tahan seperti ayam vietnam/saigon, tapi intensitas pukulan dan daya serang seperti ayam Burma itu sendiri. Namun jarang hal itu di dapat di kalangan saat ini, walaupun ada pastinya ayam tersebut di jauhi banyak orang di kalangan, namun tidak sedikit pula yang berhasil memenangkan pertarungan melawan ayam tersebut. 
Secara Visual, bisa di lihat dari foto yang saya lampirkan, secara detail fisik ayam ini tentu sangat berbeda dengan jenis ayam aduan lainnya. Saya coba jelaskan sesuai dengan apa yang saya tau tentang ayam ini adalah:

Ayam Burma Ori ataupun F1 yang sudah di import ke luar negara asalnya
  1. Berat badan ayam ini kurang lebih di bawah 3 kg
  2. Postur tubuhnya pun mirip sekali dengan ayam kampung yang ada di negara kita
  3. Tulangan ayam ini relative kecil ( kecuali sudah di Crossbreeding )
  4. Mempunyai Jari kaki yang kecil dan panjang
  5. Jenis bulu yang di miliki ayam ini adalah cenderung menjauhi warna ayam Thailand. Ayam Thailand memiliki warna dominan seperti Kuning Merah, Merah Hitam, atau pun hitam dan lainnya. Sementara ayam ini lebih kepada warna warna campuran dari merah, abu-abu, wido serta menjauhi warna primer ayam Thailand ( bangkok )
  6. Ayam Ori ( asli ) Myanmar ini mempunyai gaya tarung yang unik yaitu, Nimpuk atau Nampar atau pranggal atau apapun itu sebutannya yang mendefiniskan bagaimana ayam ini bertarung tanpa mematuk kepala ataupun mematuk bagian tubuh lain sebelum memukul, jadi ayam ini berlaku spontan langsung memukul dan ini merupakan cara jitu untuk melukai tubuh lawan, kelebihan lain ayam ini adalah, mereka mempunyai sifat memukul tanpa mematuk. Dengan begitu mereka pun susah sekali untuk di patuk, cara ayam ini menghindar pun terbilang unik, ada yang dengan cara mundur sambil mukul, atau berlari kesamping sambil mukul, ngolong dan jarang sekali terlihat bermain rapat, sehingga untuk ayam ini sangat dianjurkan sekali permainan jangka pendek yang menggunakan Taji dengan catatan kita tau gaya tarung musuh seperti apa.
sesuai dengan Keunggulan karakter Jenis ayam masing yang umumnya :
Birma = speed tinggi dan cendrung banyak timpuk dan bisa mundur jalu bagus .
Vietnam = Body/ tulangan ok . pukulan gancang . berdiri tegak/ sorong kuat .
Bangkok = Lebih cerdik .. teknik ok .speed normal pukulan ada juga yang gancang ( lebih indah untuk ditonton ).
Ratchatani : hampir kayak birma , tulangan lebih ok dari birma pure, agak brutal . dan ada teknik juga seperti Bangkok.
Brazil = gaimana pemain bola brazil ( teknik tinggi ) pukulan halus .
Nah kelemahan nya jenis ayam diatas juga banyak pada umumnya .
Birma = tulangan kecil .ayam cendrung lebih kecil. ada juga yg jalunya ngak ngak jalon.
Vietmam += ada juga ayam yang ngemut depan2 saja ( lambat .)
Ratchatani , Bangkok, Brazil : ya kebalikan dari yang atas klw yg jelek .
semua ayam ada yg bagus ada juga yg jelek .
sebuah penyilangan Antara A dan b ( bisa dapat yang A atau B juga atau kombinasi A dan B) akan tetapi tidak semuanya AB . ( timbul pertanyaan Kenapa tentunya ).
jawabanya , adalah ada gen Dominan dan resesif yang berperan ..
maka sebelum melakukan penyilangan harus bisa patikan bahwa Gen Dominan ( umumnya didapatkan dari beberapa kali penyilangan ( baca pemulian ternak ) ayam A ( pukul gancang ) B ( speed tinggi ) bila digabungkan hasilnya akan merata A dan B ,
Sedikit tambahan bang...
Selain faktor dominan/resesif, ada juga faktor lain yg disebut intermediate (kalo ga salah, sy lupa istilahnya). Dimana sifat yg berbeda, menutupi sifat lainnya.
Contoh :
Ayam tipe pukul depan kawin dgn ayam tipe dorong masuk sayap.
Pukul depan dan masuk sayap adlh dua sifat dari kombinasi gen yg berlainan.
Maka bisa jadi salah satu sifat tidak muncul. Misal pukul depan tidak muncul krn ayam selalu dorong masuk sayap.
Jadi tidak mungkin kita punya sekaligus dua sifat yg kontradiktif dalam diri satu ekor ayam.
Secara umum, kawin silang bangkok vs burma banyak yg gagal (meski ada juga yg berhasil). Ini krn keduanya punya sifat yg kontras. Seperti kita tau, bahwa ayam burma adlh 'anti' bangkok.
Burma tidak main, pukul saja. Sementara bangkok harus olah dulu baru pukul. Untuk informasi bisa menghubungi di PONSEL KAMI :
XL. 087843142722, pin Bb by request



2 komentar: